Seminar Nasional – CONTRACEPTIVE TECHNOLOGY UPDATE 2010
22 Juni 2010

Akreditasi IBI & IDI

Pendahuluan

Teknologi kontrasepsi berkembang sangat pesat dalam waktu tiga dasawarsa terakhir ini. Standarisasi pelayanan kontrasepsi secara nasional dan oleh Badan Internasional (misal: WHO) telah diterbitkan secara berkala. Sayangnya, perkembangan tersebut tidak selalu diikuti dengan cermat oleh para petugas kesehatan dan keluarga berencana di Indonesia.

Berbagai kontroversi timbul dalam perkembangan teknologi kontrasepsi selama ini, khususnya mengenai dampak negatif penggunaan kontrasepsi bagi wanita dalam jangka panjang. Banyak berbagai pertanyaan yang diajukan tentang berbagai risiko negatif penggunaan kontrasepsi, tetapi sangat sedikit penyampaian informasi tentang dampak positif kontrasepsi kepada kesehatan reproduksi wanita. Padahal, kontrasepsi tidak hanya memiliki dampak negatif, tetapi memiliki dampak positif seperti mencagah jenis kanker tertentu dan anemia yang seringkali dijumpai pada wanita di Indonesia.

Oleh karena itu, secara berkala perlu dilakukan sosialisasi “contraceptive technology update” bagi para ilmuwan, petugas pelayanan kesehatan dan KB agar mereka mampu mengikuti perkembangan alat, obat dan cara kontrasepsi terkini. Dengan meningkatnya pengetahuan mereka, pelayanan KB di Indonesia diharapkan dapat meningkat kualitasnya, sehingga sasaran KB yang ditetapkan dalam Pembangunan Nasional dapat dicapai.

Pusat Kesehatan Reproduksi, Fakultas Kedokteran UGM bersama dengan BKKBN akan menyelenggarakan seminar sehari dalam rangka Meningkatkan pengetahuan dan wawasan petugas KB dan kesehatan, mitra kerja terkait dan mahasiswa tentang perkembangan teknologi terkini dan bagaimana posisi program KB dalam kaitannya dengan hak dan kesehatan reproduksi

Keynote Speaker :
Dr. Sugiri Syarief, MPA.

Materi dan Pembiraca:

  1. Perkembangan Teknologi Kontrasepsi Terkini dan Implikasinya Bagi Kemajuan Program KB Nasional – dr. Siswanto A. Wilopo, SU, MSc, ScD
  2. Demontrasi dan Penjelasan Teknis Kontrasepsi Baru – Dr. Hasto Wardoyo, SpOG(K)
  3. Diagram Lingkaran Kriteria Kelayakan Medis WHO dalam Penanganan
    Kontrasepsi- dr. Yudianto Budi Saroyo, SpOG
  4. Undang-Undang No.52 th. 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga dan Undang-Undang No.36/2009 tentang Kesehatan dan Kaitannya dalam Pelayanan KB – Prof. Dr. dr. Herkutanto, Sp.F(K)

Waktu Pelaksanaan:

Hari/Tanggal : Selasa, 22 Juni 2010
Tempat : Ruang DIKLAT LT. 4 Gd. RSUP. Dr. SARDJITO YOGYAKARTA
Biaya : Umum/Mahasiswa Rp. 100.000 (Peserta terbatas 200 orang)
Akreditasi : IBI & IDI

Kontak Person:
Indri Astuti/ Antini Kurniawati
Pusat Kespro –FK. UGM, Gd. IKM Lt. I Telp. 0274-565076/548156; Fax. 0274-565076

Jadwal Seminar

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.